Wednesday, December 3

EVALUASI DAN PERENCANAAN PROGRAM SATUNAMA


Tanggal 24-27 November 2008, bertempat di diklat SATUNAMA Evaluasi dan Perencanaan ( Evaperca ) tahunan lembaga. Kegiatan bertujuan untuk melihat hasil-hasil kegiatan sepanjang tahun 2008, sekaligus merencanakan kegiatan tahun berikutnya.

Bagi SATUNAMA, evaperca tahun 2008 merupakan hal penting, karena merupakan evaluasi akhir dari tahun perencanaan jangka panjang yang dibuat pada tahun 2004. Oleh karenanya selain berfokus pada output kegiatan 2008, hasil-hasil yang dilaporkan tiap divisi mencerminkan capaian hasil pada level outcome dan impact program .

Logframe perencanaan program yang digunakan pada periode tahun 2009 -2013 berbeda dengan logframe sebelumnya. Sesuai dengan hasil Strategic Planning yang diselenggarakan tahun 2008, perencanaan jangka panjang tahun 2009-2013 menggunakan pendekatan Outcome Challenge.

Dalam laporannya, Frans Tugimin, Direktur SATUNAMA menyampaikan perencanaan jangka panjang yang dibuat pada tahun 2004 telah mengalami beberapa perubahan, baik dalam konteks program maupun kelembagaan. Hal ini disebabkan pengaruh eksternal berupa kondisi situasi ekonomi,social,politik dan donor, maupun pengaruh internal dalam aspek kelembagaan seperti perubahan jenis dan jumlah divisi, regenerasi kepemimpinan di SATUNAMA dan adanya pembaharuan bentuk Yayasan. Perubahan-perubahan ini menimbulkan berbagai konsekuensi terhadap alokasi sumberdaya manusia dan yang lainnya di SATUNAMA

Dalam strategic planning tahun 2004, SATUNAMA menetapkan 4 impact yang ingin dicapai dalam perencanaan 4 tahun, 3 dari 4 impact yaitu (a) masyarakat semakin kriitis terhadap ketidak adilan (b) meningkatnya posisi tawar OMS dan (c) meningkatnya kontrol terhadap kebijakan publik masih sangat relevan sampai saat ini.


No comments:

Post a Comment

Silahkan mengisi komentar dan terima kasih atas komentar anda