Friday, April 3

Harta karun yang bernama Buku

Pagi hari di akhir minggu pertama bulan April 2009, Saya sempatkan mengunjungi Perpustakaan Lukman Soetrisno,M.A – SATUNAMA. Koleksi bukunya sangat banyak, hamper 8000 judul. Buku-bukunya berasal dari sumbangan keluarga alm. Loekman Soetrino, sebagian lagi merupakan koleksi Pak Meth Kusumahadi yang dihibahkan. Namun banyak juga buku yang dibeli dan sumbangan dari teman-teman yang pernah mengikuti latihan dan pernah bekerja di SATUNAMA

Jam itu, kebetulan Mbak Tatik, yang bertanggung jawab mengelola perpustakaan sudah hadir. Kesempatan ini saya gunakan untuk mengembalikan tiga buah buku yang sudah sejak awal maret lalu saya pinjam. Walaupun sudah lama dipinjam, bukan berarti buku ini sudah dibaca tuntas. Hal ini disebabkan entah disengaja atau karena kemalasan yang menempel di saya. Dari tiga buku tersebut hanya bagian kata pengantar dan dua sampai tiga lembar pertama dari masing-masing buku yang sempat saya baca.

Setelah melihat dan berkeliling sebentar melihat suasananya dan koleksi buku-buku baru, saya berhasil menemukan”harta karun”. Buku keluaran lawas yang cukup menggoda untuk dibaca. Pandangan pertama jatuh pada sebuah buku biografi tentang Soekarno. Buku ini dalam bahasa Inggris, isinya pasti bagus. Sempat muncul hasrat untuk meminjam buku ini, namun mengingat pengalaman pinjam buku dan tidak sempat dibaca, maka saya memutuskan untuk meminjam dua buku saja.


Buku pertama adalah tentang Hoegeng “ Polisi: Idaman dan Kenyataan. Karya Abrar Yusra, Ramadhan K.H. Buku ini adala terbitan Pustaka Sinar Harapan, cetakkan ke-3 April 1994. Dari kata pengantar yang saya baca, ini adalah kumpulan ceritera dan kisah pribadi Hoegeng sejak masa kecil. Remaja dan dewasa hingga masa senja-nya. Ketertarikan terhadap buku ini lebih karena saya tertarik terhadap cerita tentang Polisi Jujur.



Buku kedua adalah Fakta mengenai Jerman, terbitan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman, Penerbit Katalis, cetakan 1995. Buku ini berbicara mengenai Negara Jerman dan penduduknya, tentang Negara-negara bagian di Jerman, sejarah, kondisi masyarakat, system ekonomi ,pendidikan dan budaya.

Sebenarnya alasan sederhananya adanya seorang teman asal Jerman yang sedang berada di SATUNAMA, Supaya ‘connect’ jika berdiskusi tentang Jerman maka saya ‘paksakan’ untuk membacanya.


Kesimpulannya adalah, ada banyak sekali harta karun pengetahuan di Perpustakaan Loekman Soetrisno, MA- SATUNAMA yang perlu dibaca dan direnungkan. Isi Buku-buku ini bagus untuk jiwa kita agar tidak mudah larut oleh bersliwerannya informasi-informasi kurang jelas di sekitar kita. Mari Lacak Sumbernya, baca buku !



In the Morningof the first week April 2009, I visited Lukman Soetrino,MA Library- SATUNAMA. There were many collection of books, nearly 7,000 titles. According to the Librarian staf, the Books mostly came from a book-donation of Loekman Soetrino family, especially old book. Some political and management books were a private collection of Mr. Meth Kusumahadi . However, many new book was a donations from friends or training participant who have the training in SATUNAMA

At that time, Mbak Tatik, as the responsible person who manage the library already present. I use this opportunity to return the three books that have been in my hand, some month ago. Although I have borrowed the books for long time, I don’t read the books thoroughly. This is either deliberate or because of laziness. From those three books only the introduction and two to three sheets of each of the books I had read.

After work around along the alley and look around to see the atmosphere and see some collection of new books, I succeeded to find "treasure trove" a book shelf containing old books which was tempt enough to read. The first book is about the biography of Soekarno,the first presiden of Republic Indonesia. This book is written in English, and definitely good. In the beginning I eager to borrow this book, but from the previous experience I don’t have enough motivation to read the books, I decided to borrow only two books.

The first book is about Hoegeng "Police: desire and the facts. Written by Abrar Yusra and Ramadan K.H. from the Pustaka Sinar Harapan publication, 3rd, published on April 1994. From the introduction, the books contain Hoegeng personal stories since his boyhood, Adolescents and adults up to its twilight period. It is Interesting book, since the book promote a value of honest Police.


The fact about Germany is the other book. This book published by Federal Embassy of the Republic of Germany, catalyst Publishers, 1995. The book gave overview about Germany as the whole, from its population, history, the condition of society, economic system, education until the Germany culture.

In Conclusion there are a lot of treasure trove of knowledge in the Loekman Soetrisno, MA-SATUNAMA library. books is good for the soul. Let Track Source, read the book!




1 comment:

  1. Terimakasih untuk kunjungannya di Perpust Prof. Dr.Loekman Soetrismo, MA tadi
    pagi. Koleksi buku perpust SATUNAMA ini memang lumayan banyak. Sampai saat
    ini buku yang sudah terdata 7000 an judul. Untuk satu judul buku rata-rata
    kita punya 1 eksemplar bukunya.Uniknya buku-buku koleksi kita ini terbitan
    dari jaman ke jaman ( dari tahu 60an- sekarang - jadul banget ya..).Jadi ada
    juga buku-buku yang termasuk " langka " dan mungkin sudah tidak diterbitkan
    lagi.

    Manfaat membaca buku...tentu kita semua sudah tahu.Membaca buku berarti
    membuka ' jendela ' cakrawala pengetahuan kita. Segala hal yang terjadi di
    luar kita sepertinya ada di depan kita. bahkan kadang kita seperti merasakan
    dan mengalaminya sendiri.Selain menambah pengetahuan, dari membaca buku dapat
    pula tumbuh rasa solidaritas, keprihatinan bahkan juga sikap " beda pendapat"
    kita terhadap suatu pokok bahasan, ilmu ataupun paham-paham lain.

    Buku koleksi Perpust Loekman S kita ini memang beragam. Dari topik filsafat,
    agama,sosial, kesehatan, pertanian, peternakan, sejarah, Gender, HAM,
    ekonomi, Hak-hak Ecosob, pengembangan organisasi, aneka majalah bahkan
    buku-buku sastra.Setiap buku baru yang masuk akan saya informasikan ( dan
    tentu saja saya pada promosikan ) pada Anda semua...

    Saya bertermakasih kepada semua pihak yang telah memberikan " oleh-oleh buku "
    guna menambah koleksi perpustakaan Loekman S ini. Tentu ini akan sangat
    bermanfaat bagi para pengunjung ( dan juga kita staff SATUNAMA ).

    Jadi ...
    Silakan datang dan menggunakan buku-buku koleksi Perpustakaan Loekman S
    sebagai sarana menambah pengetahuan dan wawasan Anda.Syarat peminjaman tidak
    sulit..hanya menyerahkan kartu identitas diri yang masih berlaku.

    Jadi..
    Silakan datang ke Perpus Loekman S. untuk membaca dan meminjam buku guna
    memperkaya pengetahuan Anda semua.
    Saya siap membantu Anda..


    salam
    tatiks
    Pengelola Perpust Leokman S.- SATUNAMA

    ReplyDelete

Silahkan mengisi komentar dan terima kasih atas komentar anda