Wednesday, January 14

Hari Belajar SATUNAMA

Hari Belajar SATUNAMA

 

Rabu, 14 January 2009 bertempat di Kelas kecil, sekitar 15 orang staf SATUNAMA mengikuti kegiatan hari belajar. Hari belajar kali ini diisi oleh ibu Fransiska Dwi Indah Asmiarsi.

 

Topik yang dibagikan adalah mengenai pengalamannya mengikuti studi di Filipina Asian Institute Management (AIM). Salah satu point menarik yang dibagikan adalah metodologi belajar selama mengikuti study. Antara lain adalah :

 

  1. Case Study: Hari Jumat dibagikan materi bacaan kepada mahasiswa, hari senin didiskusikan bersama dosen
  2. Class Participation : hal ini menentukan 50% nilai total mahasiswa. Dengan adanya aturan ini mau tidak mau mahasiswa dituntut untuk aktif berbicara dalam forum diskusi
  3. Written analysis Cases : Menulis analisis suatu kasus
  4. Learning team : Mahasiswa dibagi dalam kelompok belajar, dimana dalam kelompok tersebut akan terlihat leadership dari masing-masing person didalam kelompok
  5. Course Integration : setelah semua subject dipelajari, mahasiswa dituntuk untuk mengintegrasikannya
  6. Reflection paper
  7. Guest Speaker
  8. Movie Show
  9. Tool Exercises
  10. Role Play and simulation
  11. Writing daily journal


Dengan langkah-langkah tersebut mahasiswa diharapkan dapat menarik pelajaran. Dalam kasus Ibu Mia, pelajaran yang dibisa dibagikan setelah mengikuti kuliah di AIM adalah : Meningkatnya kemampuan leadership,  knowledge dan skills, bertambahnya networking dan kemampuan dalam melakukan Management Research Report (MRR)

No comments:

Post a Comment

Silahkan mengisi komentar dan terima kasih atas komentar anda