Tuesday, June 2

Hima Kurnia tentang Perpustakaan Keliling SATUNAMA

kesan pesan mengikuti kegiatan lapangan satunama
oleh
Hima Kurnia

Saya menyukai kegiatan lapangan, karena disana kita akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai macam karakter selain itu kita bisa belajar banyak hal dari mereka. pengalaman yang saya dapat kan ketika mengikuti kegiatan satunama di gunungkidul antara lain saya mengetahui kerja konkrit seorang pengorganisir masyarakat, cara berkomunikasi dengan masyarakat serta saya mendapat ilmu yang berharga tentang pertanian dan konservasi lahan. yang paling menarik bagi saya adalah cara belajar masyarakat gunung kidul yang tetap memperhatikan kearifan lokal (tentu saja hal ini juga hasil kerja keras seorang pengorganisir) jadi bukan transformasi ilmu yang terlalu toeritik karna hal tersebut akan susah dipahami serta diaplikasikan melainkan memanfaatkan ilmu yang memang tepat untuk karakter daerah tersebut .

rekomendasi untuk perpustakaan komunitas yang akan dibentuk di terong, dlingo.

Daerah terong merupakan daerah yang dekat dengan perkotaan tentu karakter masyarakatnya berbeda karena akses terhadap informasi dan teknologi tidak terlalu sulit, dari asessement awal yang dilakukan oleh perpustakaan keliling untuk anak satunama kemarin saya rasa budaya para remaja nya sudah mulai terkontaminasi dengan gaya hidup yang mungkin bisa dikatakan hedonis, maka harus dilakukan beberapa kali pertemuan lagi untuk pendekatan kepada para remaja serta anak-anak dan memegang key person (co lokal) agar nantinya perpustakaan yang akan di bentuk disana benar-benar dimanfaatkan serta direspon sejara baik oleh remaja serta anak-anak. ada beberapa masukan dari saya (kalau dibilang rekomendasi nanti seolah-oleh saya terlalu intervensi)

1. perpustakaan keliling untuk anak dan remaja karena sdm para remaja cukup berpotensi

2. memfasilitasi pengadaan buku serta mengarahkan mereka untuk melakukan pengadaan buku secara swadaya

3. mengadakan kajian ringan untuk remaja sekaligus transformasi issue yang sedang menjadi konsen satunama

4. program bermain dan belajar untuk anak-anak yang di sisipi transformasi issue satunama (pep)

5. menyediakan fasilitas bermain sambil belajar untuk anak seperti : mewarnai, kertas lipat dll (permainan yang kreatif)

No comments:

Post a Comment

Silahkan mengisi komentar dan terima kasih atas komentar anda